welcome wawandiamond

Selamat datang di wawandiamond.blogspot.com #email : wawandiamond@gmail.com
Sabtu, 05 Desember 2015


Untuk mengetahui seberapa terkenalkah, sebuah web atau blog bisa dilihat dalam hasil pencarian pada sebuah search engine, terutama Google Search. Kemudian untuk melihat trafik pengunjung sebuah web atau blog bisa menggunakan sebuah tool statistik, yang saat ini sudah banyak situs yang menyediakan tool statistik tersebut.

Dengan tool tersebut, sang pemilik blog atau situs bisa memantau perkembangan dari blog atau situs yang dikelolanya. Dari jumlah pengunjung, dari total pengunjung, dari negara mana saja pengunjung tersebut, membuka web atau blog menggunakan software apa, semuanya tertera dalam tool statistik tersebut.

Pada sebuah blog, terutama blogspot (blogger.com), walaupun sudah menyediakan tool statistik tersebut, tetapi menurut saya masih kurang lengkap dari apa yang ingin saya ketahui tentang blog yang saya kelola, dari segi trafiking.



Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang Situs Penyedia Web Statistik tersebut, sehingga kita bisa memilih tool statistik mana yang nantinya akan kita gunakan untuk memantau blog atau situs yang telah kita kelola.

1. Google Analytics

Menduduki tingkat puncak tentu saja milik Google, Google Analytics. Tool ini adalah salah satu bagian dariGoogle Webmaster, yang dimana kita bisa memantau web atau blog.

Situs Google Analytics ini akan memberikan laporan ada berapa orang yang sudah mengunjungi blog anda sejak kode tracker dipasang, dan dibawahnya ada penjelasan detil dari jumlah tersebut.
  • VISITS adalah penjelasan berapa keseluruhan kunjungan
  • UNIQUE VISITORS adalah jumlah pengunjung tanpa memperhitungkan kunjungan balik
  • PAGEVIEWS adalah jumlah laman yang dibaca
  • PAGES/VISIT adalah rata-rata laman yang dibaca per kunjungan, semakin besar nilainya berarti semakin berkualitas artikel anda. Jika belum cobalah menulis artikel dengan gaya bahasa yang lebih menarik, dan jangan selesaikan satu masalah dalam satu artikel sebaiknya bgi penjelasannya di artikel lain (mengarahkan pengunjung untuk membuka artikel lain)
  • AVERAGE VISIT DURATION adalah lamanya waktu per kunjungan
  • BOUNCE RATE adalah persentase pengunjung yang hanya membaca satu halaman. Semakin kecil nilai ini semakin baik
  • % NEW VISITS adalah persentase pengunjung yang baru datang ke blog anda. Itu berarti sisanya adalah pengunjung setia blog anda yang datang berkali-kali.

Anda juga diberi diagram lingkaran untuk memperlihatkan berapa pengunjung baru dan berapa pengunjung yang kembali untuk kesekian kalinya. Pengunjung baru menandakan kesuksesan optimisasi offpage anda, sedangkan pengunjung kembali menandakan kesuksesan kualitas artikel anda. Normalnya adalah 80:20, jika kurang dari 20 persen artinya perlu peningkatan kualitas artikel.

Di bawah layar ini masih ada Demographic, System, dan Mobile yang akan memperlihatkan kepada anda asal kunjungan, dan karakteristik gadget yang digunakan mengunjungi blog anda.

2. Histats

Tool ini merupakan sebuah tool favorit oleh para blogger, karena tool ini akan memberikan sebuah info tentang jumlah Visitor Perhari, jumlah page perview dan Jumlah Visitor yang Online di Blogg kita.

Jika kita memasang script Histats pada blog, nanti akan terlihat tampilannya juga seperti contoh dibawah ini, lain dengan Google Analytics yang tidak tampak pada blog.





Adapun tampilan pada Histats, anda bisa merubahnya sesuai selera anda, karena pihak Histats telah menyediakan banyak ragam pilihan.


3. w3counter

Seperti tool statistik lainnya, w3counter juga memberikan hal yang sama yang berupa statistik blog.

Kelebihan dari tool ini adalah sudah tersedianya plugin untuk wordpress, sehingga blog dengan engine wordpress bisa menggunakannya tanpa perlu copy paste code script



4. Sitemeter

Tool ini merupakan salah satu situs web yang menyediakan fasilitas statistik blog seperti total pengunjung halaman, rata-rata perhari, dan rata-rata pengunjung melihat halaman blog kita. Selain itu Anda juga bisa memantau lalu lintas pengunjung blog.

5. Extreme Tracking

Menurut sata Tool statistik ini yang benar-benar sangat extreme, karena sangat lengkap dari segi trafik dan jalur yang diperlihatkan dalam statistiknya.

Dalam Extreme Tracking, anda bisa melihat jumlah pengunjung, dari negara mana saja, kemudian keyword yang digunakan dalam pencarian, dari IP berapa, dengan browser apa, kemudian dengan OS apa yang digunakan saat mengunjungi blog anda. Semuanya lengkap tertera disana.
Sebagai contoh anda bisa mengunjungi statistik blogini di Extreme Tracking.

DEMO





Demikian Situs Terpercaya Penyedia Web Statistik.
sumber : Klikdisini 

1 komentar:

Dafrar informasi

Terbaru

Popular Posts