welcome wawandiamond

Selamat datang di wawandiamond.blogspot.com #email : wawandiamond@gmail.com
Sabtu, 01 Februari 2014

Pendakian gunung lawu dari jogja

1. #Jam 11.30
Perjalanan dari jogja menuju cemoro sewu,perjalanan melelahkan dari jogja ke  cemoro
sewu dimagetan perjalanan sekitar 4 jam lebih kami naik motor,
8 orang dengan saya naik motor 4,perjalanan  melelahka dimulai dari jogja,klaten,solo,magetan dan akhirnya sampai juga di cemoro sewu

2.  #Jam 03.10 Sampai di cemoro sewu q sama temenku sampai duluan karena
aku sama temen ku masih perdana,dan kami istirahat sejenak di masjid menunaikan shalat ashar,setelah itu kawan saya 6 orang tiba dan kami pun bergegas istirahat dan packing barang-barang..

3. #Jam  05.55
Tepat jam 05.00 an kami bergegas
bismillah
setelah berdoa bersama kamu langsung track gunung lawu..
kami melakukan pendakian.. setelah beberapa langkah saya sendiri masih perdana dalam
hati ada perasaan gimana gitu, kuat engga yah :( tapi dengan semangat membara dalam hati
saya aku yakin saya bisa dan bisa.. senja pun hilang petang pun datang diantara kaki kanan kiri
gak kuat ditinggal waduh tambah dekdek serrr ini.. sekitar satu jam perjalan saya istirahat sejenak untuk menunaikan shalat magrib.
saya dan maksum shalat berdua dan yang lainyaa istirahat.. setelah selesai sholat saya berdoa pada yang maha kuasa
agar diberi kemudahan dalam perjalanan dan sampai punjak dengan teman-teman selamat..
setelah itu saya meanjutkan track.. antara gerbang satu dan pos 1 perjalanan masih ringan
perjalanan masih landaitak terasa langkah demi langkah
pos 1 sudah nampak.. sekitar jam 19.30 an

4. #Pos I 19.30
di pos satu kami tidak istirahat melainkan tancap gas ...
perjalanan kami tidak terlalu tergesa-gesa tiap 30 sampai 20 langkah istirahat antara pos 2
dan pos  3  perjalanan semakin terjal ... kaki sudah mulai ngilu dengan napas  mulai kembang kempis..

5. #Pos II 21.59
Bisa dibayangkan perjalalanan antara pos 1 sampai pos 2 sangat melelahkan ...
track mulai zik zak dan terjal,di pos dua semua kawan-kawan saya mulai kelelahan dan kedinginan kami
pun istirahat sejenak ,dan mencari kayu bakar serta ranting-ranting pohon  tak sangat lah sulit dalam
kondisi kedinginan mencari kayu dan api tak kunjung hidup ,setelah beberapa saat
api pun mulai hidup ,kami masak air buat bikin kopi dan bikin mie..tapi saya tidak buat mie karena masih belum lapar...

dalam hati saya aku pengin tidak istirahat tapi langsung lanjut karena kalo dalam keadaan diam
semakin dingiin tapi kalo dalam keadaan jalan tak terasa dingin karena suhu tubuh panas..
sekitar 3jam kami istirahat di pos II sangat membuang waktu.. sempat dalam hati saya ingin
melanjutkan teman-teman tak suruh semangat malah aku suruh berangkat sendiri,rasanya   gimana gitu jujur aja saya masih perdana terlalu berambisi untuk sampai puncak
dan tak menghiraukan teman-teman yang sedang kedinginan dan kcapean
jujur sikap ku memang gak bagus merupakan pembelajaran tuk tak mengulangi lagi ..

tapi aku janji kalo melakukan pendakian jiwa kesetiakawanan yang paling utama..
pesan : jangan mementingkan diri sendiri tapi lihat kondisi teman kita coba kita di posisi mereka..
"Pendaki sampai puncak itu cuman bonus tapi pulang dengan selamat itu yang tepenting"
Pos II ke pos III semakin terjal penuh batu-batuan dan zik-zak sangat melelahkan tapi jarak pos III ke Pos II gak terlalu jauh.. diperjalanan kami berjumpa dengan gerombolan anak SMA  Negri salah satu di solo,dalam hati saya "masa sih anak sma saja sampai pos III belum cape kok saya cape" semakin menggelora dan membakar semangat saya rasa cape tidak ada tapi  dalam hati "Bisa Bisa Bisa "
 yang saya   rasakan disepanjang langkah saya..
6. #Pos III 01.50
pos III kami istirahat sejenak bareng dengan anak-anak sma,waduh semakin ribut rame banget kami pun melanjutkan
kami membuntuti dan sampailah di pos III istirahat sejenak.. dan berhasil melewati namun teman saya yang berlima masih dibeakang
saya hanya bertiga saat itu.. yang pada posisi baris depan,jalan semakin aku lalui
aku bertiga langkah demi  langkah keringat bercucuran dimana track pos III ke pos IV sangat terjal sekitar 45" derajat kemiringan ,jalanya zig-zag dan sangat terjal
untuk menempuh pos V dibutuhkan tenaga extra..lambat laun kami berpisah dengan mas....
jadi sekarang yang di baris pertama saya dan maksum.. padahal saya dan maksum masih perdana gak
punya pikiran apa-apa dalam hati saya cumaan sampai puncak itu saja.. aku daqn teman saya sudah sangat lelah kaki-kaki terasa
sangat linu tapi kami tetap tak menyerah harus bisa yakin kami bisa..saya dan maksum saling memotivasi seandanya saya capek maksum ngajak
jalan tapi kalo saya cape begitu sebaliknya.. sampilah di track ga terlalu terjal namun sebelah jurang sangat dalam seperti
padang safana dan alang-alang rumput kami berjumpa dengan pendaki yang turun "mas semangat masih 2 belokan lagi sampai".
wahh semakin bergembira saya belok kiri-belok kanan sudah saya lalui kok belum nyampai puncak waduh apa salah jalan batin saya.. "belokan cuman ada dua kalo gak kanan ya kiri "
semakin lelah kami istirahat lanjut lagi istirahat lagi sudah tak terhitung beberapa kali saya  istirahat..
tapi saya istirahat engga lama cuman 1 sampai 10menit paling lama...sekitar 3,5 jam saya dari pos III mencapai pos IV..

7. #Pos IV 04.30
allhamdulilah sampai di pos IV sudah hampir di puncak  tinggal satu pos lagi..
di pos IV gak ada pondok apa bangunan cuman daerah latar bisa membangun tend disitu
dan istirahat saya melanjutkan perjalanan  dan ketemu rombongan anak SMA dan bertemu dengan pak guru yang sudah agak tua dengan   memegang tongkat
jalan pelan-pelan saya pun membarengi dia dan sampailah kami di pos V

8. #pos V 05.00
Pos lima sudah sampai sudah ramai dengan tenda-tenda teman-teman pendaki lain..
saya dan maksum berdua kedinginan saya tidak mebawa  tenda,korek,makanan hanya kelontong...
saya berfikir kalo saya berhenti maka saya akan kedinginan maka saya melanjutkan perjalanan bapak guru dari teman perjalanan tadi juga ikut serta tapi saya
bingung di pos V lampu battree saya sudah redup punya teman saya juga demikian waduh sedangkan jalan pintas banyak,awalnya saya coba2 malah tersesat or jalan buntu
kami,pak guru,dan rombongan sma sekitar 10an anak tidak ada yang tahu menau dengan jalurnya sepakat untuk berhenti dn menunggu teman pendaki yang leawt tapi tidak
ada satupun pendaki yang lewat kami putuskan berarti ini salah jalan kita harus putar balik...kami pun putar balik gara-gara tersesat memkan waktu sekitar 1/2 jam..
kami kembali ke pos V,datang lah pendaki-pendaki yang lewat...benar ternyata saya salah jalan yang
benar track nya mengarah kejurang dan tidak membayangkan sekali
bahwa jalurnya ke arah situ..pemandangan di pos V sangat menakjubkan bagai bintang-bintang didarat merupakan cahaya ari lampu
di kota2 di bawah sekitar gunung lawu,dipos lima saya merasakan dingin sangat berat dan kami pun terus melangkah.. kami terlalu bersemangat rasa lelah sudah tidak ada yang ada hanya puncak puncak dan puncak kami menyalip teman-teman pendaki di depan saya dan perjalanan di pos V
landai,curam,naik turun sangat bervareasi dan tidak terlalu membuat cape..membuat seimbang antara naik dan turun.. sebelum di puncak ada dua jalur cross sama landai ,bila landai memutari bukit kalo cross tidak tapi sekitar kurang lebih 45 drajat kecuraman.. semakin berat sekitar seperempat perjalanan  saya dan maksum .. shalat berjamaah sholat subuh..kami tidak tahu menahu mana kiblat tap dengan melihat matahari kami memutuskan untuk membelakangi arah sunrise..
berdoa sujud sukur allhamdulilah sudah sampai puncak tinggal beberapa langkah lagi..
selanjutnya kami melanjutkan beberapa langkah lagi untuk di puncak lawu..
sampailah saya di puncak lawu 3265mdpl di tugu sebagai simbol ..
allhamdulilah saya sudah sampai puncak dengan selamat di tugu di puncak lawu kami menyempatkan foto-foto dan melihat keindahan alam yang tiada duanya sungguh menakjubkan ciptaannya tiada duanya sungguh mahapencipta..dipuncak saya melihat pemandangan sangat menakjubkan kanan kiri..ternyata lelah yang saya alami tidak ada duanya dengan pemandangan yang
saya lihat.. sungguh indah pemandangan di puncak gunung...setelah saya dipuncak gunung terasa lapar saya makan lontong sisa dari kemaren ternyata lontong lunak sudah menjadi bubur..
saya makan saja sudah lapar demikian tidak ada bekal lagi cuman air yang saya bawa...
kami kembali ke monumen di tugu puncak kami bertemu kembali dengan slamet,gevoan,dan pak
ternyata  3 teman kami belum sampai puncak ,sesaat beberapa jam mas doni sampai puncak...
berarti dari 8 orang teman 2 orang belum sampai puncak ... masih tertinggal di pos V...
allhamudulilah dipertemukan kembali..

mereka membawa bekal makanan roti dan kami membuat api bakaran untuk hangat-hangat..
setelah itu saya berfoto-foto menikmati kembali pemandangan puncak lawu
sungguh gembira riang saya sebagai perdana mendaki satu kali sudah sampai puncak
tapi saya sangat menyadari kebersamaan dengan teman lah yang paling berarti membuat
bahagia susah bareng cape bareng sampai puncak bareng....

Foto sama bapak guru sekolah SMA negri solo ,sewaktu tersesat di pos V menuju puncak

setelah beberapa jam di atas puncak pukul 10.00 an kami turun menghampiri teman saya di pos V..
setelah kami di pos V isirahat makan di warung milik penduduk dipuncak gunung...
selanjutnya langsung gas pooll kami perjalanan turun tidak istirhat paling sekitar 1-10 menit
buat istirahat..
foto di monumen..

terbagi menjadi 2 saya bertiga didepan teman saya 4 dibelakang..sekitar jam 04.00 sampai bawah di pos pintu gerbang lawu ternyata teman saya
yang satu sudah di bawah menunggu hheheehe...setelah beberapa lama istirahat kembali saya langsung mandi shalat ashar, makan
dan tidur di pos sambil menunggu teman-teman...sebelum magrib mereka datang ... dan bergegas beres-beres buat pulang..
habis shalat magrib kami pulang ke yogya jam 18.30..sekitar 2 jam sampai karanganyar saya kemabali istirahat di pom bensin.. tidur bareng di pom
paginya(kariawan pom bilang kalo sisekitar situ banyak ular) wah udah ga kepikiran yang penting tidur waktu itu hehehehehe...
jam 03.50 kembali gas pool lanjut lagi nyari warung buat ngopi sampailah di pom solo kami minum kopi sejenak dan shalat subuh..
jam 05.20 melanjutkan perjalanan sampailah di tanah istemewa yogyakarta jam 06.50
bersyukur saya sudah sampai di gunung lawau dipuncak dan kembali dengan selamat sampai
tiba di jogjakarta....

Nampak merapi-sumbing di belakang kami..

sungguh pengalaman tiada kulupakan dan kelak kuingin mendaki lagi...pesan"orang mendaki hanya ada dua kesimpulan kalo tidak kapok pasti kepingin lagi"....
kenangan foto pojok kanan atas di pos peristirahatan pintu gerbang cemoro sewu ...