welcome wawandiamond

Selamat datang di wawandiamond.blogspot.com #email : wawandiamond@gmail.com
Jumat, 28 Februari 2014

Mungkin, buat sebagian orang bekerja freelance itu adalah sebuah pilihan dimana mereka tidak bisa meninggalkan satu sisi dalam hidupnya. Contohnya kayak gue, gue harus kuliah. Gak mungkin lah gue kerja full time atau sekalipun part time ketika gue harus kuliah.

Sedikit cerita, dulu awal smester 1 kuliah, gue sempet kerja di salah satu perusahaan media di Indonesia dimana status gue disana adalah pekerja part time, dan diitungnya sama mereka adalah gue magang. Oke gue di gaji dan kuliah gue bisa tetep jalan, tapi berasa juga broh.. Gue kuliah dari jam 8 pagi sampe jam 2 siang, jam 3 sore sampe jam 9 malem kerja. Begitu tiap hari dari senin sampe jumat. Dan setelah pengalaman selama 2 bulan itu, gak lagi2 deh part time. Akhirnya gue putuskan untuk freelance aja..
Sekarang gue mau bagi2 tips buat temen2 yang baru pengen masuk ke dunia freelance itu sendiri. Terutama buat temen2 yang emang baru pengen mulai kerja freelance. Karena ada beberapa hal penting yang perlu diketahui untuk memulai project freelance itu sendiri.
Btw, freelance yang gue maksud itu bukan freelance di freelancer.com atau odesk.com gitu ya. Tapi ini real freelance yang sempet face to face gitu satu negara.
Sebelum masuk ke tips, mungkin ada baiknya gue jabarin dulu apa sih enaknya freelance untuk status mahasiswa kayak gue begini?
Nih enaknya freelance :
  1. Bisa kerja dimana aja dan kapan aja!Yaiyalah, namanya juga FREE. Bukan dalam arti gak di bayar loh ya. Maksudnya ya gue bisa kerja kapanpun dan dimanapun. Gak perlu rapi, gak perlu masuk kantor, gak perlu pake dasi, kemeja, atau apalah. Kerja pake kolor dirumah sambil ngupi pun jadi! Asalkan hasil pekerjaan lo sesuai dengan requirement dan batas waktu yang udah di tentukan!
  2. Bisa terima lebih dari 1 project!Buat temen2 yang masih baru sih, ini gak disaranin. Apalagi buat yang ga bisa kerja gercep,lebih baik jangan! Tapi kalo udah biasa, pasti enak banget bisa dapet kerjaan lebih dari 1 project dalam satu waktu. Giliran kerja selesai tinggal oncang2 kaki nungguin duit di transper!~
  3. Penentu harga!As a freelancer, kita berhak menentukan berapa tarif kita, berapa kita harus di bayar. Walaupun tetep ada negosiasi nantinya. Tapi ya semakin banyak pengalaman lo, tentunya semakin mahal juga harga lo.
Enak kan ya kerja freelance itu? Tapi, dibalik itu semua tetep ada gak enaknya kerja freelance KALO emang dari awalnya itu udah salah. Makanya disini gue mau bagi2 tips supaya temen2 pada gak salah memulai project freelance itu sendiri..
Mari disimak tips nyah~
  1. Surat Perjanjian Kerja!Iya, ini salah satu hal penting untuk memulai pekerjaan freelance. Walaupun penting, ada beberapa orang yang mengabaikan point nomor 1 ini. Biasanya sih emang males bikin yang kayak begini2an. Padahal ini penting banget.

    Apa pentingnya? SPK (Surat Perjanjian Kerja) itu penting, dimana di surat itu seharusnyadijabarkan seberapa jauh kita bekerja, seberapa lama kita bekerja, dan kapan saja kita akan dibayar.

    Gak usah terlalu formal, yang penting semuanya jelas, dan ada tanda tangan antara kedua pihak disana. Jangan lupa materai agar resmi.
  2. Bicarakan masalah pembayaran.Gak usah malu atau gak enak ngomongin hal yang satu ini. Gak bisa boong deh kalo masalah duit itu emang paling sensitif sebenernya. Jadi, ada baiknya omongin masalah pembayaran sejak awal. Kapan pembayaran akan dibayarkan? Apakah diakhir project, atau bagaimana silahkan di diskusikan.

    Dalam beberapa kasus, bisa dibuat seperti ini.
    Misal : 10% di awal project sebagai tanda jadi. 40% di pertengahan project ketika berjalan. 50% ketika finishing.
  3. Tentukan batasan2 pekerjaan!Iya, ada kaitannya dengan poin nomor 2 diatas. Tentukan batasan pekerjaan lo itu sampe mana. Ketika lo mencapai batas itu, silahkan berhenti dan tagihlah uang finishing. Masalah revisi silahkan di belakangi. Revisi itu berbeda dengan pekerjaan inti. Revisi biasa dilakukan ketika pekerjaan selesai. Yang gue maksud revisi disini adalah revisi besar ya, kalo revisi kecil seperti salah ketik atau apalah, itu mah kerjain aja. Toh gampang kan?
  4. Bekerjalah bertahap!Masih berkaitan dengan poin 2 dan poin 3.
    Beri batasan untuk setiap pekerjaan. Dan berhentilah pada batasan itu lalu tagih uang disana.
Gue kasih contoh kasus aja kali ya biar enak..
Begini nih misalnya. Gue nerima tawaran project untuk membangun sebuah website. Goal pada projectnya adalah ketika project itu publish hingga di upload ke server. Maka yang perlu di bahas adalah sebagai berikut :
  • Berapa harga yang harus di bayarkan.
  • Tentukan batasan pekerjaan. In case pembuatan website dimulai dari 0, bisa gue pecah menjadi seperti berikut :

    - Pembuatan layout/themes/prototype.
    - Pembuatan engine/system.
    - Proses uploading ke server.

    Jika sudah ditentukan batasan tersebut, maka
  • Tentukan metode pembayaran. Dengan kasus seperti ini, bisa aja gue tentuin metode pembayaran seperti ini :

    - 10% uang muka (di awal sebelum project di mulai).
    - 20% ketika layout/themes disetujui.
    - 50% ketika engine/system sudah berjalan di local server dan sesuai dengan requirement.
    - 20% ketika website publish di online server (finishing).
Dengan begitu, berarti ada 2 step lo bisa berhenti.
Ketika lo selesai mengerjakan themes dan di setujui, silahkan berhenti dan tagih uang 20% dari nilai project.
Begitu juga setelah engine/system sudah berjalan. Silahkan berhenti dan tagih uang 50% dari nilai project.
Kenapa harus begitu?
Pengalaman gue selama lebih dari 2 tahun bekerja seperti ini, selalu bermasalah dengan yang namanya pembayaran. Pernah di satu project gue maen kerjain 2 project dari dia sekaligus, padahal project pertama itu belum di bayar sama sekali. Alhasil pas project ke 2 selesai pun gue blm di bayar, dan gue baru dapet payment dari project itu setelah menunggu selama 6 bulan. Keren kan?
Terus untuk masalah batasan pekerjaan, banyak kasus dari gue dan temen2 gue yang kerja freelance lainnya itu, kalo emang ga ada batasan2 yang ditentukan dari awal, biasanya suka ada client yang rese. Di awal itu dia bilang pekerjaan sampe C misalnya. Tapi nanti begitu pekerjaan lo udah mendekati C itu sendiri, dia bakal ngegeser jadi ke D, dan begitu seterusnya sampe Z. Padahal kalo dipikir2, kalo dia dari awal bilang kalo project sampe Z itu nilai project bisa gede banget. Tapi karena dia bilang sampe C doang, makanya nilai projectnya cenderung kecil, tapi karena lo gak tentuin batasan2 pekerjaan itu sendiri, akhirnya dia dapet sampe Z dan lo di bayar cuma sampe C. Rugi kan? Rugi waktu sama rugi bacot :|
Kenapa harus pake surat perjanjian?
Gampangnya gini, kalo misalnya client dari awal bilang batasan pekerjaan sampe C, dan suatu hari dia seolah pengen ngegeser jadi ke D, tinggal sodorin aja itu surat perjanjian kerja, biar dia baca dan biar dia sadar kalo perjanjian kerjanya itu batasannya sampe mana. Jadi dia gak seenaknya.
Ini sih gue jg diajarin sama bokap gue sebenernya. Diajarin untuk bisa lebih profesional. Soalnya gue emang sering ngeluh masalah pekerjaan gue ke doi. Makanya di kasih tau caranya yang bener itu kayak gimana.
But, sesuati pengalaman gue, kalo lo terlalu profesional kayak begitu, lo bakal jarang di pake sama orang sini. Soalnya beberapa orang memang mencari pekerja yang bisa dikerjain. Tapi karena gue mikir kalo "Gue gak semurah itu." jadi gue tetep pada pendirian gue. Kalo gak mau ikut rule yang gue bikin kayak begitu, silahkan cari orang lain yang bisa dikerjain. Soalnya eyke udah bosen dikerjain cyin~
Semoga bisa jadi acuan buat temen2 yang mau kerja freelance. Dan buat temen2 yang udah kerja freelance, silahkan share pengalamannya :)

sumber klik disini

1 komentar:

  1. Saya ingin mencoba,tapi saya masih butuh sedikit pencerahan tentang bisnis ini. Mohon bantunannya boleh gag ya??

    BalasHapus

Dafrar informasi

Terbaru

Popular Posts